7 Batu Permata Dan Kisaran Harga Wajib Tahu

7 Macam Batu Permata Berharga Serta Harganya Yang Wajib Anda Sadari, Jangan Salah

Jenis batu permata berharga serta harganya jelas berbeda. Sebelumnya popularitas mengoleksi batu permata berharga sangat populer di kalangan masyarakat hampir di seluruh wilayah Indonesia. Pada masa itu banyak orang yang menggunakan aksesoris dengan atribut batu.

Meski tidak semeriah dulu, popularitas mengoleksi batu permata berharga terus diangkut oleh banyak kalangan. Berbagai batu permata berharga menjadi incaran. Meski biayanya tidak murah, banyak orang yang bersedia menginvestasikan batu permata berharga yang mereka butuhkan.

Jenis batu permata yang berharga beserta harganya, tentunya harus diketahui untuk bisa memilih koleksi terbaiknya. Jangan mengumpulkan batu permata yang berharga tanpa mempertimbangkan keuangan dan jenis pribadi Anda, jadi Anda hanya akan menghabiskan sejumlah uang yang tidak berguna.

Batu Permata (Gemstone)

Jenis batu permata berharga serta harganya yang cukup fantastis adalah berlian. Biasanya batu permata merupakan permata yang paling keras, padat, dan memiliki kualitas fisik yang paling baik bila dibandingkan dengan batu permata lainnya.

Batu ini memiliki kilau yang mempesona, batu tersebut juga bisa dibilang tidak biasa, oleh karena itu batu permata disusun karena sebagai permata termahal di planet ini, per karatnya bisa mencapai jumlah rupiah yang sangat besar. Di Indonesia, penambangan batu permata terletak di kota Martapura, Kalimantan.

Ruby (Delima Merah)

Batu Ruby ini tidak kalah cantik dari berlian. Ruby atau yang juga dikenal dengan ruby, sesuai dengan namanya, jenis ini memiliki warna yang unik, bervariasi dari merah rubi hingga merah aliran darah. Jenis batu ini dan harganya mahal disukai oleh kalangan menengah ke atas.

Dikatakan bahwa rubi dengan kualitas terbaik adalah individu dari Myanmar. Sifatnya yang kokoh dengan corak kemerahan yang khas membuat harga batu ini cukup mahal, yaitu sekitar puluhan hingga rupiah per potong yang sangat besar.

Azure (Azure)

Selain ruby, ada juga jenis batu permata berharga yang juga harganya selanjutnya yaitu biru langit, atau mungkin di Indonesia sering disebut dengan patchouli. Seperti batu permata lainnya, safir juga memiliki tingkat kepadatan yang tinggi. Dikatakan bahwa safir terbaik hanya dapat diperoleh di tanah Sri Lanka dan India.

Warna-warna cantik dan kesan indah yang ditampilkannya membuat harga permata biru naik drastis, yakni puluhan hingga puluhan rupiah. Biru biru itu sendiri mencakup beberapa jenis, antara lain safir biru dan safir hitam.

Safir memang memiliki banyak warna, namun yang paling klasik adalah biru. Anda juga harus menyadari bahwa semua batuan korodum yang memiliki satu dapat dikategorikan sebagai safir. Namun, ini tidak mempengaruhi korodum merah, karena jenis ini disebut ruby ​​?? atau ruby.

Emerald (Emerald)

Jenis batu permata berharga beserta harganya selanjutnya adalah zamrud atau zamrud. Seperti batu permata lainnya, zamrud memiliki ciri khas yang membedakannya dengan batu permata berharga perusahaannya, yaitu warnanya. Zamrud termasuk warna ramah lingkungan hingga warna ramah lingkungan gelap akibat jejak kromium.

Zamrud termasuk intensitas padat yang cukup tinggi. Bahkan hari ini, tidak ada yang bisa menandingi kehebatan zamrud tentang Kolombia. Warnanya yang ramah lingkungan sangat tajam dan jernih membuat jenis batu ini dan harganya selangit banyak dicari oleh para kolektor perhiasan dari berbagai negara.

Meskipun zamrud Kolombia memiliki harga yang cukup fantastis, faktor lain juga menentukan harga zamrud. Beberapa faktor tersebut antara lain kecemerlangan, keutuhan, warna, dan ukuran.

Kalimaya

Jenis batu permata berharga beserta harganya selanjutnya adalah Kalimaya. Bagi Anda yang menyukai batu akik, mungkin Anda sudah sering mendengar bahwa batu kalimaya memiliki nama lain yang sangat berharga, yaitu “Ratu Permata”, karena penampilannya yang memukau. Harga batu jenis ini sekitar Rp. satu juta hingga jutaan.

Kecubung

Selain itu, jenis batu permata berharga beserta harganya adalah kecubung. Batu permata yang termasuk dalam kategori permata dan juga memiliki nilai jual tinggi umumnya dikenal sebagai kecubung. Salah satu hal yang membuat permata ini memiliki nilai jual yang tinggi adalah penampilannya yang menarik, mirip dengan Kalimaya.

Amethyst sebenarnya adalah semi-stone dan di Indonesia dikenal sebagai amethyst crimson karena memiliki warna merah cerah. Harganya bervariasi, mulai dari ribuan hingga ribuan rupiah, tergantung kualitasnya. Di Indonesia, batu jenis ini memiliki banyak kemampuan mistik.

Yakut

Jenis batu dan biayanya adalah batu Yakut atau biasa dikenal dengan Zirkon. Ini bisa menjadi batu yang memiliki tingkat kekerasan yang tinggi. Namun sayangnya jenis batu ini memiliki resiko yang sangat besar, karena sangat mudah dipalsukan untuk memastikan bahwa banyak batu permata eceng gondok palsu yang beredar. Harga batu permata Yakut biasanya bervariasi dari ribuan hingga jutaan.

Mungkin Anda juga menyukai